Mengisi Kemerdekaan dengan Berkarya

TANPA TERASA dalam hitungan hari Bangsa Indonesia akan merayakan hari kemerdekaan. Bangsa yang merdeka. Yuk coba bertanya pada diri kita masing-masing, sebagai generasi penerus apa yang sudah kita lakukan untuk mengisi kemerdekaan? 

Yupz! GENERASI PEMUDA adalah penerus bangsa. Di pundak kita  masa depan negara di pertaruhkan. Meminjam filosofi Founding Father kita “berikan aku sepuluh pemuda maka akan kuguncang dunia”. Dari statement di atas dapat diambil kesimpulan, jika pemuda erasmemiliki kekuatan besar yang sangat berpengaruh pada sebuah negara.

Merujuk kata “BERKARYA” berasal dari Bahasa Sansekerta, yang berarti Ikhtiar. Sehingga Berkarya dalam arti yang luas yaitu: berusaha melalukan sesuatu untuk menghasilkan sebuah karya. Melalui berkarya seseorang dapat mengekspresikan perasaan, gagasan, pemikiran, dan emosi untuk menciptakan sebuah seni.

Berkarya dan bekerja merupakan dua hal yang berbeda. Berkarya dilakukan dengan cara meyalurkan suatu bakat atau pun hobi yang mendapatkannkepuasan batin. Sedangkan bekerja adalah melakukan sesuatu yang menghasilakn uang. Akan lebih sempurna lagi, jika dari sebuah karya yang luar biasa kita mendapatkan penghasilan

Hidupmu adalah sejarah, dan karyamu adalah hal yang mempertahankannya.

Dengan berkarya kita semakin produktif dan menhasilkan inovasi baru dari yang telah ada sebelumnya. Kita akan berusaha menggali jati untuk sebuah perubahan.

Lalu, cara-cara sederhana apa yang dilakukan untuk memulai perubahan? Nah … yuk sama-sama kita pelajari di bawah ini
Let’s Begin!

Merubah Pola Pikir

JIKa awalnya kita hanya berpikir untuk mencukupi segala kebutuhan di hari ini, maka belajarlah untuk memikirkan sesuatu yang akan terjadi di masa yang akan datang. Atau bisa dengan menggunakan rumus “Past, Simple, Future”. Jadikan masa lalu sebagai pembelajaran di hari ini , guna meraih kemajuan yang lebih baik di masa yang akan datang.

Mencatat Semua Ide

Tidak ada yang sempurna di dunia ini. Kita bisa lupa setiap saat. Untuk itu, mari menjadi pemuda kreatif yang selalu mencacat setiap ide-ide pokok yang kita temukan, mencobanya. Dan mengaplikasikan dalam sebuah karya. Jika usaha yang pertama gagal. Bangkitlah! Untuk terus mencoba ide-ide yang selanjutnya.

Selalu Mengingat Allah

Lakukan sesuatu dengan keikhlasan. Karena ada Allah yang memiliki segalanya. Dia penentu final dari usaha yang kita lakukan. Iringi usaha kita dengan doa, agar apa yang kita realisasikan diberi kemudahan Allah Swt. Kita melakukan semuanya karena Allah, dan hanya Dia yang berhak menentukan segalanya.

Bekerja dan berkaryalah sebaik mungkin, setulus mungkin, tanpa setitik pun arogansi. Lalu biar Allah dan hambaNya menilai semua hal yang paling nyata dari dirimu (Helvy Tiana Rosa)

Sekian dulu postingan malam ini, jika ada aksara yang kurang berkenan saya minta maaf. Kita sama-sama berlajar, berbagi, dan memotivasi.

Selamat Meyongsong Perayaan hari Kemerdekaan!

Taiwan, 02 Agustus 2018

Salam Hangat

@ettydiallova

Please follow and like us:
20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Thanks For Sharing! Please Share it