Blog Anda Ibarat Rumah yang Dihuni, Rawatlah dengan Baik!

SEMAKIN  hari jumlah pendatang baru ke STEEMIT kian meningkat. Dengan antusias mereka membuat postingan perkenalan. Sekali. Dua kali, memosting karya lagi, lalu menghilang. Raib tiada kabar. 

Ada berbagai alasan yang diutarakan tiap kali ditanya “Mengapa tidak  menulis lagi di Steemit?”

Jawaban yang diberukan pun bervariasi. Mulai dari sibuk, gak sempat, hingga ada yang jujur berkata, “Tiap kali membuat postingan tidak mendapat reward. Blog saya sepi, jadi tidak  bersemangat.”

Tidak dapat dipungkiri, jika postingan kita mendapat apresiasi dari rekan-rekan yang lain, tentu saja akan membuat semangat kita kian menggelora. Pun sebaliknya, jika postingan sepi dan tidak mendapat apresiasi, tentu saja ada rasa kurang puas dengan hasil pencapaian yang kita dapatkan. Namun, untuk semua itu dibutuhkan usaha yang tidak mudah. Berusaha se-creative mungkin ada Blog kita menarik minat pembaca. 

Lalu  bagaimana caranya supaya Blog kita ramai dan postingan kita dikunjungi orang?

“Blog ibarat rumah yang kita huni. Rawatlah agar terlihat indah dan rapi, sehingga banyak yang mengunjungi.”

Jangan Biarkan Rumahmu Berantakan

Tamu akan senang bertandang ke suatu rumah yang bersih, indah, rapi, dan memiliki aura menyenangkan. Dalam konteks ini, kita berbicara tentang konten. Karena Blog kita dihiasi  oleh konten- konten yang kita suguhkan. Buatlah orang-orang datang mengunjugi Blog kita, karena ingin membaca postingan apa yang kita suguhkan hari ini. Tentang info travelling, kuliner, motivasi, ataupun resep masakan.

Jadi, pastingan Anda menulis konten-konten tersebut rapi, dipadu dengan tata letak menarik, agar saat orang lain membaca karya kita tidak kepayahan dan bingung harus dari mana memulai. Gunakan foto sesuai dengan konten yang kita suguhkan. Jangan sampai foto dan tulisan tidak berkaitan sama sekali. Karena orang akan kecewa, kemudian tidak ingin singgah lagi ke ruumah yang kita huni, karena mengganggap telah dibohongi.

Tentukan Judul yang Menarik

Bagaimana menentukan judul yang baik? Ada orang yang  menentukan judul terlebih dahulu, baru isi postingan. Namun, ada juga sebagian yang menulis terlebih dahulu, setelah selesai, baru menentukan judul sebagai intisari dari postingan. Namun, ada juga yang suka digabung dua-duanya. Terserah. Pilih saja mana yang disukai. Yang penting judul harus sesuai dengan konten yang kita sajikan. Karena judul ibarat pajangan di etalase atas dagangan yang kita jual.

Menjalin Silaturahmi

Yeah!  Ini adalah faktor penting, bagaimana bersosialisasi di Steemit. Perlakukan tamu yang hadir ke Blog Anda dengan ramah. Pun sebaliknya, berkunjunglah pada Blog Steemian lain, sebagai wujud apresiasi. Ku jungilah postingan Steemian lain, lakukan diskusi melalui postingan sesuai dengan topik yang disajikan. Jangan berikan komentar Spam, seperti; Nice, very good, etc. Jadilah tamu yang sopan, yang Anda kunjungi pun senang.

Selamat mencoba dan terus semangat dalam berkarya.

Taiwan, 07 Agustus 2018

Salam Hangat

@ettydiallova

Please follow and like us:
20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Thanks For Sharing! Please Share it