[Tour Guide:1]Antusias Warga Taiwan tentang Kuliner Indonesia

JANGAN Pernah takut mencoba hal-hal baru.

Itulah yang selalu saya tanamkan di dalam hati ini. Bernajak dari level aman, merupakan tantangan tersendiri bagi saya untuk memacu semangat dalam berkarya. Sehingga ketika mendengar sebuah tawaran dari teman “Brilliant Time Library dengan mencari seorang tour guide  orang Warga Indonesia yang bisa berhada Inggris”. Kesempatan tersebut tidak saya sia-siakan.

Saya coba untuk menhubungi kontak tersebut, yang kebetulan saya sendiri sudah mengenalnya. Beliau adalah salah seorang pengurus Perpustakaan Asia Tenggara Brilliant Time, sebuah perpustakan yang menyelenggarakan ajang penulisan bergengsi dengan hadiah fantastic yang menggiurkan. “Puluhan Juta Rupiah” yang kebetulan tahun lalu saya memenangkan salah satu kategori perlombaan tersebut.

Rombongan kami mengenalkan tentang Tentang Tempe 

Saya utarakan pada beliau jika saya tertarik dengan tawaran tersebut, karena kebetulan agensi sering meminta tolong saya mejadi penerjemah, jika ia mengambil pekerja dari Filipina. Kebetulan Bahasa Inggris saya kurang lancar. Sehingga beliau sering meminta saya memantunya.  Dari sekian banyak yang mendaftar, alhamdulilah sayalah yang diterima. Keputusan ini tentunya memiliki alasan tersendiri bagi Mr. Zhang. Karena  tahun lalu ketika menggarap Video dokumenter pemenang lomba, saya menggunakan menggunakan Bahasa Inggris. Juga dalam memberikan sambutan pemenang dan presentasi buku saya saat tahun 2015.

Rombongan kami mengenalkan jajanan Indonesia

Kemarin, Minggu (09/9/18) saya ditugaskan untuk mengikuti Tour orang-orang Taiwan yang ingin mengetahui kegiatan Warga Indonesia saat liburan. Pada kesempatan kali ini, saya ditugaska mendampingi sekaligus belajar bagaiamana membawa tamu-tamun kami dan menjelaskan aktivitas Warga Indonesia yang dilalukan, pada kesempatan ini peserta tour hanya 8 orang. Sehingga pada tanggal 27 September kelak, saya bisa melalukannya seorang diri.Pengalaman baru benar-benar saya rasakan.  Bagiamana menjelaskan segala hal yang berkaitan dengan Indonesia, khususnya umat muslim.

Seorag cameramen tengah mengambil video penganan Indonesia

Saya dan rombongan mengunjungi Toko Indonesia, tempat dimana rekan-rekan Indonesia makan saat liburan. Kami menjelaskan jajanan nusantara, berupa Kelepon, Lapis, cendol, dsbg. Para peserta begitu antusias, mengenal lebih jauh tentang Indonesia. Jajanan, makanan, serta cara wanita mengenakan hijab. Dalam acara tour guide kemarin  kebetulan disertai dengan peliputan DAI TV, sebuah stasion televisi lokal Taiwan yang kera menampilkan acara-acara kegiatan migran di Taiwan, baik Indonesia, Filipina, dan negara penyalur migran lainnya.

Nah … tempat-tempa apa saja yang kami kunjungi saat membawa peserta yang terdiri dari Mahasiswa, dosen, dan juga guru, dari masayarakat Taiwan ini? Tunggu kisah [Tour Guide]  Part berikutnya yah..

Taiwan,  10 September 2018

Salam Hangat

@ettydiallova

Please follow and like us:
20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Thanks For Sharing! Please Share it