[Duka Palu Duka Kita Bersama] Taiwan Siapkan Bantuan untuk Korban Gempa dan Tsunami

Gempa bumi 7,4 scala richter dan Tsunami  setinggi tiga meter yang melanda  Palu , Sulawesi Tengah menyisakan duka yang mendalam.  Keluarga yang tercerai berai, anak yang berpisah dari orang tua, dan sederet pilu yang menyayat lara. Tangis sedih menggaung di setiap sudut, wajah-wajah lara tersorot kamera pemberitaan, hingga di stasion TV Taiwan. Hingga boss tempat saya bekerja juga bertanya,.

“Terjadi gempa bumi dahsyat di Indonesia, bagaiamana dengan keluargamu, Etty?”

Sebagai sesama saudara di Taiwan, rekan-rekan Pekerja Migran Indonesia juga melakukan penggalangan dana, baik melalui organisasi mahasiswa, organisasi migran yang disalurkan melalui pihak-pihak di Indonesia yang dapat dipercaya. Bahkan, Kantor Dagang Ekonomi Indonesia (KDEI) mengeluarkan sura edaran kegiatan donasi bersama untuk Palu, Sulawesi.  Karena kita adalah saudara. Duka Palu, duka untuk kita semua.

Presiden Taiwan  Tsai Ing Wen melalui akun Twitter pribadinya menyampaikan bela sungkawa kepada masyarakat Indonesia yang tinggal di Lombok. Bahkan, orang nomor satu di Pulau Formosa ini menulisnya dalam bahasa Indonesia.  Bahkan pemrerintah Taiwan tengah mempersiapkan pengiriman bantuan dan team penyelamat untuk membantu Indonesia pasca gempa 28 September lalu. Pada Selasa pagi Departemen Pemadaman Kebakaran New Taipei City mulai mengumpulkan 36 pekerja penyelamat dan 6 anjing pelacak  yang akan membantu pencarian korban yang tertimpa reruntuhan.

Selain itu organisasi bantuan Taiwan Yayasan Bantuan Kasih Budhis, Tzu Chi juga telah mengumpulkan 10.000 selimut dan persediaan bantuan lainnya yang dikirimkan ke Sulawesi untuk membantu saudara kita yang di sana. Selain itu, Assosiasi Medis internasional Tzi Chi mengirimkan tim medis ke daerah-daerah untuk menyediakan pelayanan perwatan kesehatan.

Semoga saudara-saudara kita di Palu diberi kesabaran dan keadaan mereka  segera membaik. 

Taiwan, 4 Oktober 2018

Salam Hangat

@ettydiallova

Please follow and like us:
20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Thanks For Sharing! Please Share it