Makna Sumpah Pemuda Bagi Generasi Penerus Bangsa

HARI ini, Minggu tanggal 28 Oktober 2018 bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda. Meskipun untuk di Taiwan sendiri, peringatan Hari Sumpah Pemuda tidak diistimewakan. Namun, sebagai generasi penerus bangsa, bagi saya api semangat perjuangan wajib untuk dikobarkan. Jiika dahulu, para pemuda-pemudi bangsa berperan dalam perebutan kemerdekaan dan kedaulatn NKRI, maka bagi kita semua di era digital seperti sekarang ikut berpartisipasi dalam mengisi kemerdekaan dengan bersinerga dalam kemajuan bangsa.

Ikrar sumpah pemuda sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan berdirinya bangsa Indonesia , yang terdiri dari berbagai suku bangsa, bahasa, ras, dan budaya. Dengan Sumpah Pemuda terwujud segala cita-cita dan harapan adanya ‘Tanah air Indonesia, serta Bahasa Indonesia adalah bahasa Persatuan Indonesia. Untuk itu jangan malu mengenalkan bahasa daerah dan kebudayaan yang kita miliki sebagai jati diri negara kita.  Menggunakan Bahasa Indonesia sebagai identitas dan bahasa persatuan bangsa.

Di era digital saat ini kita–pemuda-pemudi Indonesia-dituntut untuk mengikuti perkembangan kemajuan dan memberikan solusi bagi keadaan sekitar. Banyak bermunculan pemuda-pemudi kreatif yang mengharumkan nama bangsa ke kancah internasional. Sebagai generasi penerus diharapkan mampu  berinovasi dan kreatif  di biadang tekhnologi dan digital, dan melek informasi. Semangat juang dan kecintaan terhadap bangsa dan negara dengan segala keragamaan yang dimiliki. Saling Asah asih dan Asuh anatara satu dengan yang lainnya.

Sumpah pemuda juga menumbuhkan semangat dan kesatuan menjaga keutuhan NKRI. Segala Pemuda dan pemudi merupakan tonggak negara yang menjaga sekaligus mengisi kemerdekaan. Sebagai waraga Negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri, tentunya harus tetap menjaga perbuatan dan ucapan dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan kerja ataupun di masyarakat.

Karena di negara orang kami membawa nama baik bangsa dan kedaulatan negara yang kita cintai. Bangsa menjadi pemuda-pemudi Indonesia. 

Taiwan, 28 Oktober 2018

Salam Indonesia

@ettydiallova

Please follow and like us:
20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Thanks For Sharing! Please Share it