Kopi Indonesia Memenangkan Kompetisi AVPA di Paris

KOPI Indonesia mengikuti  perlombaan kopi kelas dunia International Gourmate Competition for Coffee Roasted in Their Country Origin (AVPA). Kompetisi bergengsi akhir tahun ini di selenggarakan di Paris selama bulan September sampai Oktober 2018. Kompetisi ini bertujuan untuk mengenakan produk-produk kopi yang sudah di_Roasted di negara asal, seperti Indonesia agar lebih mudah diterima di pasar Eropa.

Bersaingnya kopi Indonesia di ajang internasional ini menyusul prestasi the Indonesia yang memenangkan penghargaan Gourmet di Paris pada bulan Juli lalu. Indonesia yang diwakili produk the PT Bukit Sari menerima sertifikat penghargaan dari AVPA Gourmet Product 2018, untuk kategori Black tea.

Menurut Annelis Putri selaku Country Manager AVPA untuk Indonesia mengatakan, acara tersebut juga sebagai ajang diplomasi kopi internasional, karena mempertukan berbagai produen kopi di seluruh penjuru dunia. Selain itu, AVPA juga bertujuan untuk membantu meningkatkan nilai tambah produk-pruduk jadi pertanian dari negara produsen kopi.

“Kompetisi ini sebagai pertemuan negara produksi kopi di seluruh penjuru dunia sekaligus mengenalkan kopi yang berasal dari negara produsen ke pasar Eropa,” tutur Annelis Putri.

Agency for the Valorization of Agricultural Product (AVPA) yang berada di Paris, Prancis merupakan negara acuan dunia yang programnya mendapat dukungan dari menteri dalam negeri untuk memasarkan produksi kopi ke Indonesia ke mancanegara. Indonesia mengirinkan 23 jenis kopi terbaiknya ke Prancis untuk diikutsertakan dalam kompetisi kopi bergengsi ini.

Lebih dari 170 negara produsen kopi di seluruh penjuru dunia mengikuti kompetisi ini, diantaranya: Brazil, Colombia, the United States, Kenya, dan Peru. Empat kategori  kopi yang dilombakan adalah gold Gourmet, Silver Gourmet, Bronze Gourmet, dan Simple Gourmet. Pemenang biji kopi dari berbagai daerah di Indonesia. Yaittu daerah Toraja, Bali, Jawa Barat, Yogyakarta, Manggarai, Aceh, dan Lampung.

Pemenang di kategori Gold Gourmet diboyong oleh kopi Indonesia, yakni Kopiku Tanah Air Kita, Le Plein d’Sens Kopi Luwak France, dan Mengani Bali. Indonesia menjadi juara dua yang memangkan kompetisi Kopi internasional ini. Setelah Colombia memangkan 25 kopi dalam perlombaan tersebut, Indonesia memenagkan 14 jenis kopi yang berasal dari tanah air.

Bagaimana rekan Steemians, banggakan sebagai bangsa Indonesia yang memiliki kualitas kopi hingga terkenal ke dunia?

Taiwan, 29 Oktober 2018

Salam Hangat

@ettydiallova

Please follow and like us:
20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Thanks For Sharing! Please Share it