Tari Sekar Jagat Tampil Memukau di Taiwan

MENYAKSIKAN Tarian Indonesia tampil di luar negeri sangat bangga luar biasa. Ini menbuktikan jika kebudayaan bangsa Indonesia semakin terkenal di manca negara dan digandrungi masyarkat luas. Hal tersebut say rasakan saat saya menyaksikan  sebuah tarian, bernama Tari Sekar Jagat. Dengan piawai Pemilik Sanggar Bali, Mrs. JuNie mengenalkan tari kontempoter ini di Pulau Formosa.

Menurut beberapa sumber yang saya gali, awalnya Tari Sekar Jagat dikenalkan oleh seorang seniman Bali pada tahun 1993. Seniman tersebut bernama Swasti Widjaya Bandem. Nama Tari Sekar Jagat sendiri, sebenarnya berasal dari dua suku kata, yakni Sekar dan Jagat. Sekar yang memiliki arti Bunga, dan Jagat berarti semesta atau dunia. Saat penampilan yang pertama, Tari Sekar Jagat diiringi oleh alat musik tradisional berupa gamelan yang dimainkan I Nyoman Widhya.

Gerakan Tari Sekar Jagat menggambarkan sebuah kedamaian di alam semesta sekaligus mempersembahkan suasana yang wangi semerbak bunga. Tak heran, jika setiap penari yang melakukan tarian ini membawa cawan yang berisikan bunga hiasan. Fungsi Tarian Sekar Jagat yakni untuk menyambut tamu kehornatan atau pun pertunjukan sebagai hiburan.

Penampilan Tarian tradisional ini berhasil membawa nama Indonesia kian harum di kancah internasional. Ini terbukti dari antusiasme penonton baik Warga Negara Indonesia (WNI) atau pun Warga Negara Asing (WNA) yang begitu menikmati setiap lekuk dan seni tarian tersebut. Melalui Indonesian Weekend 2018, merupakan ajang promosi kebudayaan dan seni yang dimiiliki nusantara. Tujuannya Agar semakin banyak wisatawan manca negara yang datang berkunjung ke Indonesia, sehingga aset dari devisa tersebut bisa digunakan untuk membangun bangsa.

Kebudayaan itu memancarkan keindahan. Dengan menjaga kebudayaan, Indonesia akan lebih harmonis dan seimbang.

Salam Budaya

@ettydiallova

Please follow and like us:
20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Thanks For Sharing! Please Share it