Museum Nasional, Situs Bersejarah Peradaban Indonesia

Mengunjungi museum, sama halnya menapak tilas  sejarah  zaman dahulu. Pun saat saya  berkunjung ke tempat bersejarah di Jakrta Pusat, yang bernama Museum Nasional Indonesia. Tepatya di Jalan Merdeka barat. Seolah saya dibawa ke zaman dahulu di mana manusia mulai mengenal peradaban, gaya hidup  dan bermasyarakat. Museum Nasional Indonesia  merupakan Museum terbesar di Asia Tenggara.

Dengan menggunakan gaya Klasisisme gedung Museum Nasional Indonesia di pengaruhi oleh gaya Eropa. Gedung ini dibangun pada tahun 1862 oleh pemerintah sebagai tanggapan atas Perhimpunan Batavias Genootshap yang bertujuan untuk menelan riset-riset Hindia Belanda. Museum nasional atau yang juga disebut Museum Gajah, banyak mengleksi benda0benda kuno di seluruh Nusantara, Seperti Arca kuno, Prasasti, dan benda-benda kuno lainnya.

[Senjata kerajaan yang digunakan zaman dahulu]


Saat brerkunjung ke Museum tersebut, saya menyempatkan diri untuk mengetahui Sejarah bagaiaman berdirinya Museum ini. Saya dan rombongan juga menyempatkan diri melihat koleksi meja dan kursi kerjaan zaman dahulu. Juga terdapat lonceng besar dan sepeda yang antic untuk sarana transportasi. Musem Nasional Indonesia memilikin141.000 object benda-beda bersejarah. Jika juga dapat melihat bentuk perahu Lesung, yang digunakan sebagai sarana transpotasi laut oleh masyarakat zaman dahulu.

Di sini  juga terdapat bentuk manusia purba zaman dahulu, peralatan yang digunakan mereka, serta beberapa gerabah, kendi, dan bentuk makan zaman dahulu. Mengunjungi Museum ini, saya seolah dibawa ke Pelajaran Sejarah saat duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Karena saya juga melihat ornament  batu, prasasti, serta kuburan yang terbuat dari batu.[]

Please follow and like us:
20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Thanks For Sharing! Please Share it