Usia tak Membatasi untuk Belajar

Usia tak membatasi untuk belajar.  Manusia, tidak dapat dipisahkan dengan Pendidikan. Melalui  pendidikan  manusia berusaha membina kepribadiannya untuk menjadi lebih baik, sesuai dengan nilai-nilai masyarkat  dan kebudayaan. Dewasa ini, seiring kemajuann zaman system pendidikan dan pengajaran juga semakin canggih, sehingga dapat diakses dengan mudah.

Kegiatan belajar mengajar tidak harus dilakukan di ruaangan dengan bertatap muka. Pembelajaran bisa diakses melalui kelas online dan elearning. Sehingga tidak ada lagi alasan, untuk tidak melanjutkan pendidikan, meskipun saat ini tengah merantau di negeri orang. Melalui pendidikan, manusia diberi pembekalan bagaiamana beradap dan pembentukan secara fundamental, intelektual, dan emosional ke arah yang lebih baik.

Melanjutkan pendidikan sembari bekerja di luar negeri itu sungguh luar biasa. Bagaimana tidak? Selain berjibaku dengan pekerjaan di Taiwan , kami juga harus berperang membagi waktu untuk menyelesaikan tugas-tugas akademik yang kami miliki. Mutual kelas adalah saat yang menyenangkan, selain bertemu dengan pengajar yang bersahabat, rekan sejawat, tentunya bersama-sama menikmati hidangan nusantara adalah moment yang sangat istimewa.

Tak bisa dipungkiri, kendala acapkali datang menerjang. Baik dari biaya, waktu yang tersita, juga akan menyita waktu istrahat. Semua teramat sangat membutuhkan pengorbanan. Saat semester awal, ruang kelas kami sangat ramai. Mahasiswa yang mengambil jurusan sastra Inggris hamper berjumlah dua puluh orang. Namun, seiring bergulirnya waktu, kini mahasiswa di fakultas yang saya ambil hanya tersisa lima orang. Kami saling memotivasi dan bergandeng tangan, hingga mencapai goal akhir dan kembali ke tanah air, serta berpartisipasi dalam pembangunan.

Kebersamaan kami tidak hanya sebatas mahasiswa yang sama-sama menimba ilmu, tetapi juga sebagai sabahat, sekaligus saudara di negeri orang. Baik di bidang organisasi, hingga jalan bersama selepas kuliah tiba. Bahkan di sela-sela jam istirahat kami juga menggunakan untuk berkumpul dan berdiskusi bersama tentang kesulitan yang kami alami di bidang pekuliahan. Bagi kami, sendiri itu berat. Lebih baik bersama-sama, maka semuanya menjadi ringan. Dalam perjuangan meraih masa depan.

Taiwan, 6 Desemberr 2018

Salam Indonesia

@ettydiallova

Please follow and like us:
20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Thanks For Sharing! Please Share it