About Nasi Tumpeng

Bicara nasi tumpeng, pasti hampir semua rekan-rekan Steemians tahu yah? Saya pribadi sangat menyukai nasi kuning yang digunakan dalam membuat bentuk kerucut nasi tersebut. Bagaimana dengan Anda?

NASI TUMPENG selalu dijadikan  simbol atau hidangan dalam perayaan atau syukuran yang memiliki arti suatu ucapan kebahagiaan. Penyajian nasi kuning dalam bentuk kerucut ini, bahkan sudah terkenal ke seluruh mancanegara, tak terkecuali Taiwan.  Setiap perayaah Hari Ulang Tahun (HUT) RI yang dirayakan di Taipei, nasi tumpeng selalu menjadi simbolik pemotongan kebersamaan dan antara pihak Indonesia dan Taiwan.

Jika menilik dari asal kata, Tumpeng dipecah menjadi “Yen Metu Kudu Mempeng”, bahasa Jawa ini jika diartikan bermakna ketika keluar harus sungguh-sungguh beresemangat. Yang jika dijabarkan menjadi ketika manusia telah terlahir ke dunia, hendaknya selalu semangat melakukan apa pun aktivitas yang dikerjakan. Fokus, memiliki keyakinan, dan pantang memyerah. Begitulah wejangan kuno yang terkandung dibalik makna Tumpeng.

Terkenalnya tumpeng di Taiwan, memberikan penghasilan sampingan tersendiri bagi Warga Indonesia yang pandai membuat tumpeng.  Mereka membuka jasa pembuatan dan penjualan tumpeng ke khalayak ramai. Harganya pun bervariasi, tergantung bentuk dan jumlah menu dan sayuran yang menghiasi tumpeng tersebut. Banyak penduduk local dan turis di Taiwan yang takjup akan bentuk nasi tumpeng. Bahkan dalam moment perayaan tertentu  akan diadakan Lomba membuat tumpeng. Tumpemg tersebut biasanya dipesan rekan sesame WNI saat merayaakan Ulang tahun ataupun peresmian atau ulang tahun komunitas.

Moment potong tumpeng melambangkan rasa syukur kepada Tuhan, sekaligus ungakapan atau ajaran hidup mengenai kebersamaan dan kerukunan. Seperti moment pemotongan tumpeng di HUT RI ke-73 di kota Taipei, pemotongan tumpeng yang dilakukan Kepala Kantor Dagang Ekonomi Indonesia (KDEI), Bp. Robert James Bintaryo, Perwakilan  Brilliant Time, Mr. Zhang, Ketua Himmas, dan Perwakilam Nasional Taiwan Museum melambangakan kerukunan hubungan antara Indonesia dan Taiwan. 

Taiwan, 8 November 2018

Please follow and like us:
20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Thanks For Sharing! Please Share it